ANALISA PENULISAN JURNAL MANAJEMEN
PERUSAHAAN SAMSUNG DI INDONESIA
Muhammad Aditya Putra (37114049)
Manajemen
Informatika
Universitas
Gundarma
Jl.
Margonda Raya No. 100 Pondok Cina, Depok 16424
Abstraksi
Manajemen adalah
proses untuk mencapai tujuan organisasi, menjaga keseimbangan diantara
tujuan-tujuan yang bertentangan dan mencapai efisiensi dan efektivitas kerja
organisasi. Oraganisasi yang dimaksud meliputi organisai profit
(perusahaan /organisasi bisnis) maupun organisasi non-profit (pemerintahan,
lembaga sosial, organisasi kemasyarakatan).
Oleh karena sifatnya
yang universal banyak orang yang merasa perlu mempelajari manajemen. Masalah
penelitian ini adalah bagaimana manajemen dari perusahaan Samsung di Indonesia dan
dampaknya. Manfaat penilitian makalah ini yaitu memberikan informasi kepada
pembaca tentang manajemen suatu perusahaan. Metode yang digunakan adalah
studi pustaka dengan menggunakan buku cetak dan internet sebagai referensi.
Kesimpulan dari makalah
ini yaitu dalam manajemen perusahaan Samsung memiliki beberapa perencanaan
yaitu kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan distribusi dan kebijakan
promosi dengan perencanaan tersebut diharapkan mampu menjadikan Samsung di
Indonesia sebagai pemimpin digital yang terpercaya.
Kata kunci :
Manajemen, Samsung Elektronik Indonesia, Strategi Pemasaran Samsung
I. PENDAHULUAN
I.I Latar belakang
Manajemen adalah
proses untuk mencapai tujuan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan dan pengendalian. Oleh karena itu manajemen digunakan disemua organisasi
dalam rangka mencapai tujuannya, baik organisasi profit (perusahaan /organisasi
bisnis) maupun organisasi non-profit (pemerintahan, lembaga sosial, organisasi
kemasyarakatan); disemua sektor : perbankan, manufaktur, pertambangan,
perdagangan, kesehatan, pariwisata, dan lain-lain yang ukurannya
kecil, menengah maupun besar. Oleh karena sifatnya yang sangat universal, maka
banyak orang merasa perlu mempelajari manajemen.
Selain untuk mencapai
tujuan manajemen juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan diantara
tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Artinya manajemen dibutuhkan untuk
menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan yang bertentangan dari
pihak-pihak yang berkepentingan dengan organisai, seperti : pimpinan, pegawai,
pelanggan, serikat kerja, masyarakat, pemerintah (pemerintah daerah) dan
lain-lain. Serta menajemen digunakan untuk mencapai efisiensi yaitu kemampuan
untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan efektivitas yaitu kemampuan
untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian
tujuan yang telah ditetapkan.
Makalah ini membahas
tentang manajemen perusahaan SAMSUNG di Indonesia serta dampak yang ditimbulkan
oleh perusahaan. Bagaimana perusahaan menjalankan kegiatan
perusahaan akan dibahas dalam makalah ini. Untuk mencapai tujuan
organisasi.
I.II Tujuan Penulisan
1. Mengetahui sejarah terbentuknya perusahaan SAMSUNG di Indonesia.
2. Mengetahui manajemen dalam perusahaan SAMSUNG
di Indonesia.
3. Mengetahui dampak perusahaan terhadap
lingkungannya.
I.III Rumusan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah diatas, dirumuskan
beberapa pertanyaan:
1.Bagaimana strategi Manajemen Samsung dalam bisnis di
Indonesia?
2.Bagaimana strategi Samsung untuk menjadi yang
terdepan
II. METODE PENULISAN/PENELITIAN
Untuk memperoleh data yang digunakan dalam jurnal ini, penulis menggunakan metode studi pustaka, selain dengan
menggunakan buku cetak sebagai referensi, penulis juga melakukan studi pustaka
dengan menggunakan media internet.
III. PEMBAHASAN
III.I
Sejarah Perusahaan
Perusahaan Samsung awalnya
sebagai perusahaan dagang kecil, Samsung berkembang menjadi korporasi kelas
dunia dengan bisnis yang meliputi teknologi canggih, semikonduktor, konstruksi
pencakar langit dan pabrik, petrokimia, busana, obat, keuangan, hotel, dan
banyak lagi. Berbagai penemuan dan produk terobosan kami memungkinkan kami
menjadi pemimpin di bidang-bidang ini dan terus-menerus mendorong maju industri.
Samsung Electronics meningkatkan fokus pada teknologi yang
mengarah pada pembentukan dua lembaga penelitian dan pengembangan (litbang)
yang membantu memperluas jangkauannya lebih jauh lagi ke bidang elektronik,
semikonduktor, telekomunikasi optik, dan bidang-bidang baru inovasi teknologi
dari nanoteknologi hingga arsitektur jaringan yang canggih. Pada tahun 1980,
merger antara Samsung Electronics dan Samsung Semiconductor menjadi tonggak
sejarah besar.
Tahun 1987, Ketua pendiri Samsung Electronics, Byung-chull Lee,
meninggal dunia. Puteranya, Kun-hee Lee, meneruskannya sebagai Ketua baru.
Selama periode ini, Samsung Electronics menantang dirinya sendiri untuk
merestrukturisasi bisnis lama dan memasuki bisnis baru dengan tujuan menjadi
salah satu dari 5 perusahaan elektronik terbesar di dunia. Dan berkembang
sampai saat ini menyangkup banyak alat elektronik.
III.II Perencanaan Strategi
Manajemen Pemasaran
Dalam melaksanakan kegiatan pemasarannya, PT SAMSUNG Electronics Indonesia menetapkan kebijakan pembauran pemasaran yang merupakan program dan strategi yang sedang dijalankan yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Kebijakan Produk
2. Kebijakan Harga
3. Kebijakan Distribusi
4. Kebijakan Promosi
Beberapa strategi yang
dapat diterapkan di dalam perusahaan adalah sebagai berikut:
1. Strategi penetrasi pasar
Strategi penetrasi pasar berusaha meningkatkan pangsa pasar
untuk produk saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Misalnya dengan
meningkatkan jumlah tenaga penjual, meningkatkan promosi penjualan dengan cara
memberi potongan yang lebih besar atau memberi reward yang lebih untuk angka
penjualan tertentu atau meningkatkan usaha publisitas dengan cara promosi yang
lebih luas lagi. Karena dapat dilihat dari peluang yang ada dimana pasar saat
ini tidak jenuh dengan produk yang ada bahkan pasar mulai membutuhkan
produk-produk perusahaan. Selain itu tingkat penggunaan produk-produk
perusahaan saat ini dapat meningkat secara signifikan yang disebabkan oleh
kemajuan teknologi yang ada.
2. Strategi pengembangan produk
Strategi pengembangan produk adalah strategi yang mencari
peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki atau memodifikasi produk saat ini
maupun menghasilkan produk baru. Dilihat dari ancaman perusahaan yaitu banyaknya pendatang baru dibidang yang
sama, maka perusahaan harus mulai mencoba menghasilkan produk baru yang dapat
lebih menarik perhatian konsumen selain memodifikasi produk yang ada sehingga
variasi produk perusahaan menjadi lebih banyak lagi. Misalnya dengan mulai
memproduksi produk-produk IT lainnya seperti Handphone, Bluetooth, Card Reades,
Tablet, Smart Tv\V dan sebagainya.
III.III Tabel Hasil
Manajemen Samsung dengan Perusahaan lain
IV.HASIL DAN KESIMPULAN
IV.I Kesimpulan
Samsung merupakan perusahaan yang berfokus pada teknologi. Perusahaan tersebut melakukan banyak pengembangan sehingga menjadi perusahaan yang produknya kini banyak dikenal oleh masyarakat. Strategi-strategi yang dilakukannya berdampak pada prestasi yang luar biasa.
PT. Samsung Elektronik memilki tujuan yaitu untuk mengembangkan teknologi yang inovatif dan efisien dan menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya. Perusahaan LG juga memilkiki beberapa perencanaan strategi yaitu : kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan distribusi dan kebijakan promosi.
Samsung merupakan perusahaan yang berfokus pada teknologi. Perusahaan tersebut melakukan banyak pengembangan sehingga menjadi perusahaan yang produknya kini banyak dikenal oleh masyarakat. Strategi-strategi yang dilakukannya berdampak pada prestasi yang luar biasa.
PT. Samsung Elektronik memilki tujuan yaitu untuk mengembangkan teknologi yang inovatif dan efisien dan menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya. Perusahaan LG juga memilkiki beberapa perencanaan strategi yaitu : kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan distribusi dan kebijakan promosi.
PT.
Samsung di Indonesia sudah cukup berhasil dalam mengembangkan perusahaan
terutama dibidang manejemen, dan terbukti dengan hasil yang didapat perusahaan
ini dapat terus berkembang di Indonesia
V.DAFTAR PUSTAKA
Jhon, Brush. 2009. Samsung Management
1. Newjersey: Management Of Tecnologi
Porter, Michale E. 1994.Worldwide
Tecnologi Sales Management. Universitas Of Tokyo: Tokyo
http://kiekie-myblog.blogspot.com/2010/03/analisis-swot-lg-electronics.html
http://kiekie-myblog.blogspot.com/2010/03/visi-misi-lg-electronic-dh-samsung.html
https://agidsleva.wordpress.com/2013/10/13/profil-perusahaan-yang-bergerak-di-bidang-it-lg/
http://print.kompas.com/baca/2015/04/14/Galaxy-S6-Edge%2c-Samsung-Membayar-Kesalahanhttp://www.beritasatu.com/kesehatan/191310-samsung-hadirkan-pusat-pelatihan-alat-ultrasonografi-di-rscm.html
http://kiekie-myblog.blogspot.com/2010/03/visi-misi-lg-electronic-dh-samsung.html
https://agidsleva.wordpress.com/2013/10/13/profil-perusahaan-yang-bergerak-di-bidang-it-lg/
http://print.kompas.com/baca/2015/04/14/Galaxy-S6-Edge%2c-Samsung-Membayar-Kesalahanhttp://www.beritasatu.com/kesehatan/191310-samsung-hadirkan-pusat-pelatihan-alat-ultrasonografi-di-rscm.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar