Selasa, 05 Januari 2016

Tugas Softsklis Penulisan Jurnal (Sistem informasi manajemen)

ANALISA PENULISAN JURNAL MANAJEMEN PERUSAHAAN SAMSUNG DI INDONESIA




Muhammad Aditya Putra (37114049)
Manajemen Informatika
Universitas Gundarma
Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina, Depok 16424





Abstraksi


Manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan organisasi, menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang bertentangan dan mencapai efisiensi dan efektivitas kerja organisasi. Oraganisasi yang dimaksud meliputi  organisai profit (perusahaan /organisasi bisnis) maupun organisasi non-profit (pemerintahan, lembaga sosial, organisasi kemasyarakatan).
Oleh karena sifatnya yang universal banyak orang yang merasa perlu mempelajari manajemen. Masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen dari perusahaan Samsung di Indonesia  dan dampaknya. Manfaat penilitian makalah ini yaitu memberikan informasi kepada pembaca tentang manajemen suatu perusahaan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menggunakan buku cetak dan internet sebagai referensi.
Kesimpulan dari makalah ini yaitu dalam manajemen perusahaan Samsung memiliki beberapa perencanaan yaitu kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan distribusi dan kebijakan promosi dengan perencanaan tersebut diharapkan mampu menjadikan Samsung di Indonesia sebagai pemimpin digital yang terpercaya.


Kata kunci : Manajemen, Samsung Elektronik Indonesia, Strategi Pemasaran Samsung





I. PENDAHULUAN

I.I Latar belakang

 Manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Oleh karena itu manajemen digunakan disemua organisasi dalam rangka mencapai tujuannya, baik organisasi profit (perusahaan /organisasi bisnis) maupun organisasi non-profit (pemerintahan, lembaga sosial, organisasi kemasyarakatan); disemua sektor : perbankan, manufaktur, pertambangan, perdagangan, kesehatan, pariwisata, dan lain-lain  yang ukurannya kecil, menengah maupun besar. Oleh karena sifatnya yang sangat universal, maka banyak orang merasa perlu mempelajari manajemen.
Selain untuk mencapai tujuan manajemen juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Artinya manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan yang bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan organisai, seperti : pimpinan, pegawai, pelanggan, serikat kerja, masyarakat, pemerintah (pemerintah daerah) dan lain-lain. Serta menajemen digunakan untuk mencapai efisiensi yaitu kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan efektivitas yaitu kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Makalah ini membahas tentang manajemen perusahaan SAMSUNG di Indonesia serta dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan.  Bagaimana perusahaan menjalankan kegiatan perusahaan akan dibahas dalam makalah ini. Untuk mencapai tujuan organisasi. 

I.II Tujuan Penulisan

1.
      Mengetahui sejarah terbentuknya perusahaan SAMSUNG di Indonesia.
2.      Mengetahui manajemen dalam perusahaan SAMSUNG di Indonesia.
3.      Mengetahui dampak perusahaan terhadap lingkungannya.

I.III Rumusan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah diatas, dirumuskan beberapa pertanyaan:
1.Bagaimana strategi Manajemen Samsung dalam bisnis di Indonesia?
2.Bagaimana strategi Samsung untuk menjadi yang terdepan


II. METODE PENULISAN/PENELITIAN

Untuk memperoleh data yang digunakan dalam jurnal ini, penulis menggunakan metode studi pustaka, selain dengan menggunakan buku cetak sebagai referensi, penulis juga melakukan studi pustaka dengan menggunakan media internet.

III. PEMBAHASAN
            III.I Sejarah Perusahaan
 Perusahaan Samsung awalnya sebagai perusahaan dagang kecil, Samsung berkembang menjadi korporasi kelas dunia dengan bisnis yang meliputi teknologi canggih, semikonduktor, konstruksi pencakar langit dan pabrik, petrokimia, busana, obat, keuangan, hotel, dan banyak lagi. Berbagai penemuan dan produk terobosan kami memungkinkan kami menjadi pemimpin di bidang-bidang ini dan terus-menerus mendorong maju industri.
Samsung Electronics meningkatkan fokus pada teknologi yang mengarah pada pembentukan dua lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) yang membantu memperluas jangkauannya lebih jauh lagi ke bidang elektronik, semikonduktor, telekomunikasi optik, dan bidang-bidang baru inovasi teknologi dari nanoteknologi hingga arsitektur jaringan yang canggih. Pada tahun 1980, merger antara Samsung Electronics dan Samsung Semiconductor menjadi tonggak sejarah besar.
Tahun 1987, Ketua pendiri Samsung Electronics, Byung-chull Lee, meninggal dunia. Puteranya, Kun-hee Lee, meneruskannya sebagai Ketua baru. Selama periode ini, Samsung Electronics menantang dirinya sendiri untuk merestrukturisasi bisnis lama dan memasuki bisnis baru dengan tujuan menjadi salah satu dari 5 perusahaan elektronik terbesar di dunia. Dan berkembang sampai saat ini menyangkup banyak alat elektronik.

III.II Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran

      Dalam melaksanakan kegiatan pemasarannya, PT SAMSUNG Electronics Indonesia menetapkan kebijakan pembauran pemasaran yang merupakan program dan strategi yang sedang dijalankan yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.     Kebijakan Produk
2.     Kebijakan Harga
3.     Kebijakan Distribusi
4.      Kebijakan Promosi
Beberapa strategi yang dapat diterapkan di dalam perusahaan adalah sebagai berikut:
1.     Strategi penetrasi pasar
Strategi penetrasi pasar berusaha meningkatkan pangsa pasar untuk produk saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Misalnya dengan meningkatkan jumlah tenaga penjual, meningkatkan promosi penjualan dengan cara memberi potongan yang lebih besar atau memberi reward yang lebih untuk angka penjualan tertentu atau meningkatkan usaha publisitas dengan cara promosi yang lebih luas lagi. Karena dapat dilihat dari peluang yang ada dimana pasar saat ini tidak jenuh dengan produk yang ada bahkan pasar mulai membutuhkan produk-produk perusahaan. Selain itu tingkat penggunaan produk-produk perusahaan saat ini dapat meningkat secara signifikan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi yang ada.
2.     Strategi pengembangan produk
Strategi pengembangan produk adalah strategi yang mencari peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki atau memodifikasi produk saat ini maupun menghasilkan produk baru. Dilihat dari ancaman perusahaan yaitu banyaknya pendatang baru dibidang yang sama, maka perusahaan harus mulai mencoba menghasilkan produk baru yang dapat lebih menarik perhatian konsumen selain memodifikasi produk yang ada sehingga variasi produk perusahaan menjadi lebih banyak lagi. Misalnya dengan mulai memproduksi produk-produk IT lainnya seperti Handphone, Bluetooth, Card Reades, Tablet, Smart Tv\V dan sebagainya.

III.III Tabel Hasil Manajemen Samsung dengan Perusahaan lain


IV.HASIL DAN KESIMPULAN

IV.I Kesimpulan
             Samsung merupakan perusahaan yang berfokus pada teknologi. Perusahaan tersebut melakukan banyak pengembangan sehingga menjadi perusahaan yang produknya kini banyak dikenal oleh masyarakat. Strategi-strategi yang dilakukannya berdampak pada prestasi yang luar biasa.
              PT. Samsung Elektronik memilki tujuan yaitu untuk mengembangkan teknologi yang inovatif dan efisien dan menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya. Perusahaan LG juga memilkiki beberapa perencanaan strategi yaitu : kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan distribusi dan kebijakan promosi.
PT. Samsung di Indonesia sudah cukup berhasil dalam mengembangkan perusahaan terutama dibidang manejemen, dan terbukti dengan hasil yang didapat perusahaan ini dapat terus berkembang di Indonesia

V.DAFTAR PUSTAKA
Jhon, Brush. 2009. Samsung Management 1. Newjersey: Management Of Tecnologi
Porter, Michale E. 1994.Worldwide Tecnologi Sales Management. Universitas Of Tokyo: Tokyo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar