Sabtu, 09 April 2016

Tugas Softskill 3 (Pendidikan Kewarganegaraan)

  Apakah sudah ada demokrasi di Negara kita ?

sangat menarik untuk dibahas tentang demokrasi diindonesia agar lebih paham dan mendalami pelaksanaan demokrasi diindonesia itu sendiri.
Indonesia sendiri menganut system demokrasi Pancasila yang berdasarkan pada asas kekeluargaan dan gotong royong yang bertujuan untuk kesejahteraan rakyat, memiliki kandungan berupa unsur-unsur kesadaran dalam bereligius, menjungjung tinggi kebenaran, budi pekerti luhur dan kecintaan, berkesinambungan dan berkepribadian Indonesia.
dapat diartikan juga rakyat memegang penuh kekuasaan penuh dalam proses menjalankan pemerintahan dan rakyat bebas memilih atau berpendapat.

Kembali kepertanyaan, apakah sudah ada demokrasi di Negara kita ?
Ya sudah dengan contoh adanya pemilu pemilihian Presiden, Caleg dan lain lain di Indonesia  dimana rakyat bebas memilih pilihannya. Jika kita lihat
 negara Indonesia ini negara yang beraneka ragam suku dan bangsa wajar sekali jika setiap pemilu ada banyak partai yang menjadi pilihan rakyat, seperti wujud dari keaneka ragaman negara Indonesia sendiri.

Akan tetapi belum sepenuhnya demokrasi di negara kita berajalalan dengan optimal, masih banyak kekurangan dalam system pemerintahan negara kita, bukan karena demokrasi Pancasila tidak cocok atau Pancasila tidak mampu mengatur negara ini, teapi kurang baiknya pelaksanaan menjadi kendala pelaksanaan demokrasi dinegara ini.

Masih banyak pelanggaran pelanggaran demokrasi yang dilakukan pemerintah atau orang orang pemegang amanah seperti pada masa demokrasi parlementer/liberal pada tahun 1945-1959 atau pun penyimpangan demokrasi terpimpin yang menyebabkan negera goncangan demokrasi bagi negara ini.

Contoh lain seperti sang pemegang amanah tidak menjalankan amanahnanya dengan baik, masih banyak pemimpin pemerintah yang tersangkut kasus korupsi, penggelapan pajak, penyogokan dan kasus kasus tragis lainya. Rakyat mempunyai hak penuh untuk memilih pemimpinnya dan pemimpin yang dipilih mempunyai kewajiban untuk menjalankan amanah dari rakyat, bukan membodohi rakyat. Wajar bila berdampak mulai memudarnya kepercayaan terhadap pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar