Selasa, 17 Januari 2017

Tugas Softskill 4.1 (Sistem Informasi Akutansi)

4.1 Aktivasi Bisnis Siklus Pendapatan
Jelaskan kegiatan atau aktivitas bisnis dalam siklus pendapatan
Pengertian Siklus Pendapatan
Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut.  aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan diantaranya adalah :
   
       1. Entri pesanan penjualan
Proses entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap:
- Mengambil pesanan dari pelanggan
- Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan
- Memeriksa ketersediaan persediaan
- Pengiriman

2. Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diinginkan tersebut, proses ini terdiri dari dua tahap:
- Mengambil dan mengepak pesanan
- Mengirim pesanan tersebut
- Penagihan dan Piutang Usaha

3. Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan, melibatkan:
- Penagihan ke para pelanggan
- Memelihara data piutang usaha
- Penagihan Kas

4. Langkah keempat (terakhir) dalam siklus pendapatan adalah penagihan kas, melibatkan:
- Menangani kiriman uang pelanggan.
- Menyimpannya ke bank


Entri Pesanan Penjualan (Aktivitas 1)
  • Fungsi entri pesanan penjualan mencakup tiga aktivitas utama, yaitu :
  1. Mengambil pesanan dari pelanggan
  2. Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan
  3. Memeriksa ketersediaan persediaan
  • Bagaimanapun data pesanan pelanggan diterima pada awalnya, merupakan hal yang penting bahwa semua data yang dibutuhkan untuk memproses pesanan tersebut dikumpulkan dan dicatat secara akurat. Oleh sebab itu, pemeriksaan edit berikut ini harus dilakukan untuk memastikan akurasi yang menyeluruh:
    • Pemeriksaan validitas, Uji kelengkapan
    • Uji kewajaran
    • Persetujuan kredit
      • Otorisasi umum, Batas kredit
      • Otorisasi khusus:Pemeriksaan batas
  • Langkah berikutnya adalah, menetapkan apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi pesanan tersebut.
  • Internally generated documents produced by sales order entry:
      • Pesanan penjualan
      • Slip pengepakan
      • Kartu pengambilan barang
Pengiriman (Aktivitas 2)
  • Warehouse workers are responsible for filling customer orders by removing items from inventory.
  • Keputusan-keputusan penting dan kebutuhan informasi:
      • Menentukan metode pengiriman.
      • in-house
      • outsource
  • Dokumen, catatan, dan prosedur:
    • Kartu pengambilan printed by the sales order entry triggers the shipping process and is used to identify which products to remove from inventory.
    • Jumlah phisik dibandingkan dengan kuantitas pada kartu pengambilan dan slip pengepakan.
    • Beberapa tempat pemeriksaan dibuat dan dokumen pengiriman dipersiapkan.
Penagihan dan Piutang Usaha (Aktivitas 3)
  • Dua aktivitas yang dilakukan pada stage siklus pendapatan ini adalah:
    1. Invoicing customers
    2. Maintaining customer accounts
  • Jenis sistem penagihan:
    • Dalam sistem setelah penagihan, faktur dipersiapkan setelah confirmasi bahwa barang-barang dikirim.
    • Dalam sistem pra penagihan, faktur dipersiapkan (tetapi tidak dikirim) sesegera pesanan disetujui.
  • Persediaan, piutang dagang, dan file buku besar diperbaharui pada waktu ini.
  • Metode-metode pengurusan piutang dagang:
    • Metode faktur terbuka
    • Metode pembayaran gabungan
  • Untuk memperoleh aliran penerimaan kas yang lebih seragam, banyak perusahaan menggunakan proses yang disebut Penagihan berdaur.
Penagihan Kas (Aktivitas 4)
  • Dua bagian yang terlibat dalam aktivitas ini adalah:
    1. Kasir
    2. Fungsi piutang dagang
  • Keputusan-keputusan penting dan Kebutuhan Informasi:
    1. Pentingnya pengurangn pencurian kas.
    2. Fungsi penagihan piutang dagang seharusnya tidak mempunyai akses phisik ke kas atau cek.
    3. Fungsi piutang dagang harus mampu mengidentifikasi sumber suatu pengiriman uang dan vaktur aplikasi harus dikredit.



Tujuan utama siklus pendapatan adalah untuk menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang sesuai.

Diagram :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar