Selasa, 02 Januari 2018

Tugas 12 (Ilmu Sosial Dasar)

Tugas ke-12
Ilmu Sosial Dasar
Muhammad Aditya Putra
1B117042



1.     Menurut anda mengapa ilmu sosial dasar sangat dibutuhkan bagi mahasiswa ?
Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial sangat membutuhkan untuk bersosialisasi, apapun profesinya manusia adalah mahkluk sosial. Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang terjadi disekitar. seorang mahasiswa pun termasuk mahluk sosial yang harus mempelajari ilmu sosial, untuk bekal mengatasi masalah – masalah yang terjadi.

2.     Bagaimana meminimalisasi tingkat kemiskinan jika dilihat dari globalisasi ?
Globalisasi ekonomi menciptakan hubungan ekonomi yang saling memengaruhi antarnegara serta lalu lintas barang dan jasa akan membentuk perdagangan antarnegara Ada negara yang mengalami penurunan dan ada juga yang sebaliknya. untuk meminimalisasi tingkat kemiskinan di era globalisasi ini seharus masyarakat meningkatkan kuliatas untuk mampu bersaing dipasar global dan pemerintah juga mendukung dengan berbagai cara dan trobosan ide. masyarakat harus dilibatkan langsung dalam persaingan pasar global.

3.     Berikan contoh konkret kehidupan sosial masyarakat yang masih terjaga yang memiliki nilai positif !
Salah satu contoh yang masih terjaga di sebagian kehidupan masyaratkat Indonesia adalah budaya gotong royong. budaya gotong royong merupakan cirikhas dan kekuatan budaya Indonesia yang perlu dan harus dikembangkan. gotong royong dapat memudahkan masyakat menghadapi masalah yang besar. banyak hal positif yang ada dalam budaya gotong royong seperti kebersamaan, persatuan, tolong menolong, rela berkorban dan bersosialisasi.

4.     Berikan contoh kehidupan toleransi beragama dilingkungan anda !
Toleransi adalah sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain, karena keberagaman agama yang ada dinegeri ini, sangat diperlukan toleransi beragama agar masyarakat bisa hidup berdampingan bersama.
Contoh kehidupan toleransi beragama dilingkungan saya :
Dilingkungan sekitar saya tidak semua beragama sama, ada sebagian masyarakat yang memiliki kepercayaaan berbeda. tetapi kami saling menghormati satu sama lain. contoh kecilnya ketika kami bermain dengan teman kami yang beraga non-islam saat sedang berpuasa dia tidak pernah makan sesuatu didepan saya dan menghagai saya sedang berpuasa, sebaliknya di saat teman saya sedang mempersiapkan untuk hari raya natal kami saling membantu untuk memperisapkan dan menghias pohon natal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar