Selasa, 09 Januari 2018

Tugas 4.3 (Audit Teknologi Sistem Informasi)

Muhammad Aditya Putra - 1B117042
Audit Teknologi Sistem Informasi
Pertemuan 4 – 4KA25 Malam

4.3.      Jelaskan dan berikan solusi untuk Audit SI tentang pembobolan uang pada E-Banking ( Rekening Online)



Penjelasan :

Setelah marak dengan kasus pembobolan ATM, kini giliran kasus pembobolan uang lewat Internet Banking atau E-Banking. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, pembelian voucher pulsa, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya.
Maraknya kasus pembobolan nasabah bank yang belakangan terungkap membangkitkan kesadaran akan perlunya pengawasan lebih ketat terhadap kejahatan cyber. ‘Satpam’ internet Indonesia pun kemungkinan akan diperkuat. Pihak kepolisian pun menghimbau agar nasabah bank, khususnya pengguna internet banking, berhati-hati dalam menggunakan password.

Solusi:
Adapun beberapa tips untuk pengguna E-Banking :
1. Pastikan perangkat komputer/smartphone terproteksi dengan program antivirus yang memiliki proteksi tambahan terhadap BankGuard yang mampu menangkal malware yang mengeksploitasi internet banking.
2. Aktifkan notifikasi transaksi (kemail/SMS) dan pastikan Anda menerima dan memonitor notifikasi tersebut setiap kali terjadi transaksi internet banking.
3. Audit mutasi secara berkala.
4. Hindari menyimpan dana dalam jumlah terlalu besar pada akun yang Anda anggap rentan. Batasi pada jumlah tertentu yang benar-benar dibutuhkan dan tidak sampai mengganggu kenyamanan/operasional.

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar