Selasa, 09 Januari 2018

Tugas 4.2 (Audit Teknologi Sistem Informasi)

Muhammad Aditya Putra - 1B117042
Audit Teknologi Sistem Informasi
Pertemuan 4 – 4KA25 Malam

4.2.      Jelaskan dan berikan solusi untuk Audi SI tentang pembobolan uang pada uang virtual (cryotocurrency)

Penjelasan :

Pamor uang digital saat ini tak bisa dipandang sebelah mata. Kebutuhan akan transaksi yang lebih cepat namun menggunakan biaya yang murah tentu impian banyak orang. Jika dahulu untuk mengirimkan uang dari suatu negara ke negara lain membutuhkan waktu berhari – hari kini cukup hitungan menit saja untuk memprosesnya. Hal ini dikarenakan munculnya cryptocurrency atau uang digital yang banyak diterima di hampir seluruh belahan dunia. Seperti namanya uang digital ini tak memiliki wujud fisik dan terdapat beberapa jenis. Satu diantara beberapa jenis uang digital itu ialah bitcoin yang merupakan pioneer munculnya uang digital yang lain. Bitcoin adalah jaringan konsensus yang memungkinkan sistem pembayaran baru dan uang yang sepenuhnya berbentuk digital. Bitcoin merupakan jaringan pembayaran peer-to-peer desentralisasi pertama yang dikontrol sepenuhnya oleh penggunanya tanpa ada otoritas sentral ataupun perantara. Dari sudut pandang pengguna, Bitcoin serupa seperti uang tunai di dunia internet. Bitcoin juga dapat dipandang sebagai sistem pembukuan tiga pencatatan paling menonjol yang ada saat ini.
Teknologi Bitcoin - protokol dan kriptografi - memiliki catatan rekor keamanan yang kuat, dan jaringan Bitcoin kemungkinan adalah proyek penghitungan terdistribusi yang terbesar di dunia. Kelemahan Bitcoin yang paling umum terletak pada kesalahan penggunanya. Data-data dompet Bitcoin yang menyimpan kunci pribadi dapat terhapus tanpa sengaja, hilang, atau dicuri. Hal ini serupa dengan uang tunai fisik yang disimpan dalam bentuk digital. Untungnya, pengguna dapat menerapkan langkah-langkah pengamanan untuk melindungi uang mereka atau menggunakan jasa penyedia layanan yang menawarkan keamanan tingkat tinggi dan asuransi terhadap pencurian atau kehilangan



Solusi:

Seiring dengan perkembangan teknologi uang virtual, resiko akan kehilang atau pembobolan uang virtual tersebut juga masih harus diperhitikan, bertikut dibawah ini cara untuk meminimalisir kebobolan uang jenis virtual bitcoin.

Berhati-hati dengan layanan online
Anda sebaiknya memahami berbagai jenis layanan yang didesain untuk menyimpan uang Anda secara online. Banyak tempat penukaran dan dompet online yang pernah mengalami kebocoran keamanan di masa lalu. Pada umumnya mereka masih belum menyediakan kepastian dan keamanan yang memadai untuk digunakan sebagai sarana penyimpanan layaknya bank. Sebaiknya, Anda menggunakan layanan dompet Bitcoin lainnya. Jika tidak, Anda sebaiknya memilih jenis layanan semacam ini dengan lebih berhati-hati. Sebagai tambahan, sangat disarankan memilih layanan yang menggunakan otentikasi dua-faktor.

Jumlah kecil untuk penggunaan sehari-hari
Sebuah dompet Bitcoin layaknya sebuah dompet sungguhan dengan uang tunai di dalamnya. Jika Anda tidak ingin menyimpan ribuan dolar di dalam dompet, Anda mungkin juga memiliki pertimbangan yang sama untuk dompet Bitcoin Anda. Secara umum, sebaiknya menyimpan uang bitcoin dalam jumlah kecil di komputer, ponsel, ataupun server untuk penggunaan sehari-hari dan menyimpan sisa uang Anda pada tempat yang lebih aman

Cadangkan dompet Anda
Dengan disimpan di tempat yang aman, pencadangan dompet dapat melindungi Anda dari kerusakan komputer dan kesalahan manusia lainnya. Pencadangan juga memungkinkan Anda untuk memulihkan dompet Anda setelah ponsel atau komputer Anda dicuri jika Anda telah mengenskripsi dompet Anda.

Cadangkan seluruh dompet Anda
Beberapa jenis dompet menggunakan banyak kunci pribadi yang tersembunyi di dalamnya. Jika Anda hanya memiliki cadangan kunci pribadi untuk alamat Bitcoin Anda yang tampak, Anda mungkin tidak bisa mengembalikan sebagian besar uang Anda dengan cadangan Anda tersebut.

Enkripsi pencadangan online
Cadangan apapun yang tersimpan secara online sangat rentan terhadap pencurian. Bahkan sebuah komputer yang terhubung dengan Internet rentan akan perangkat lunak berbahaya. Dengan demikian, mengenkripsi cadangan apapun yang terekspos ke jaringan adalah sebuah langkah pengamanan yang baik.

Gunakan banyak lokasi aman
Satu poin kegagalan akan buruk untuk keamanan. Jika cadangan Anda tidak tergantung pada satu lokasi, maka mengurangi risiko hal buruk terjadi yang bisa mencegah Anda untuk memulihkan dompet Anda. Anda mungkin juga mempertimbangkan menggunakan media lain seperti kunci USB, kertas, dan CD.

Lakukan pencadangan secara teratur
Anda perlu mencadangkan dompet Anda secara teratur untuk memastikan semua perubahan alamat Bitcoin dan semua alamat Bitcoin baru yang Anda buat akan termasuk dalam pencadangan Anda. Bagaimanapun, semua aplikasi akan segera menggunakan dompet yang hanya perlu dicadangkan sekali.

Enkripsi dompet Anda
Mengenkripsi dompet atau ponsel Anda memungkinkan Anda untuk mengatur kata sandi untuk mencegah orang lain menggunakan dana Anda. Hal ini membantu melindungi dari pencurian, meskipun tidak dapat melindungi dari perangkat keras atau lunak perekam ketikan.

Jangan lupakan kata sandi Anda
Pastikan Anda tidak pernah lupa kata sandi atau uang Anda akan hilang secara permanen. Tidak seperti bank, Bitcoin hanya menyediakan sangat sedikit pilihan untuk pemulihan kata sandi. Anda harus mengingat kata sandi Anda meskipun sudah bertahun-tahun tidak menggunakannya. Untuk jaga-jaga, Anda mungkin bisa menyimpan salinan kata sandi Anda di tempat yang aman seperti brankas

Gunakan kata sandi yang kuat
Kata sandi yang hanya terdiri dari huruf saja atau kata yang mudah dikenali bisa dianggap sangat lemah dan mudah untuk dibobol. Kata sandi yang kuat harus mengandung unsur huruf, angka, tanda baca dan panjangnya paling tidak 16 karakter. Kata sandi yang paling aman adalah yang dibuat dengan program yang didesain untuk keperluan seperti ini. Kata sandi yang kuat biasanya sulit untuk diingat, sehingga Anda sebaiknya berhati-hati dalam mengingatnya.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar