Rabu, 22 November 2017

Tugas 2.3 (Audit Teknologi Sistem Informasi)

Muhammad Aditya Putra - 1B117042
Audit Teknologi Sistem Informasi
Pertemuan 2 – 4KA25 Malam


2.3.  Bagaimana cara pengendalian perangkat lunak ?
Tujuan utama pengendalian perangkat lunak / aplikasi adalah untuk menjamin akurasi dan validitas input. File, progam, dan output sebuah progam aplikasi. Pengendalian aplikasi dan pengendalian umum saling melengkapi satu sama lain, jadi keduanya penting dan perlu, karena pengendalian aplikasi akan jauh lebih efektif jika didukung oleh adanya pengendalian umum yang kuat. Jika pengendalian aplikasi lemah, output SIA akan mengandung kesalahan. Output yang mengandung kesalahan ini jika digunakan untuk membuat keputusan, akan menghasilkan keputusan yang tidak tepat/keliru dan dapat berpengaruh negative terhadap hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, pemasok, dan pihak eksternal lainnya.
Dalam system pengolahan data secara kelompok, pengendalian input dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:
1.      lakukan penjumlahan kelompok data baik penjumlahan angka moneter (financial total) atau penjumlahan angka non-moneter (hash total), atau penjumlahan transaksi (record count) sebelum data diproses dan tulisan angka jumlah tersebut ke dalam secarik kertas yang disebut batch control sheet.
2.      ketika data dimasukkan ke dalam computer, computer pertama-tama akan menjalankan progam untuk penghitungan kelompok data.
3.      Setelah entry data dan penjumlahan kelompok data selesai dilakukan, cetak hasil perhitungan pada langkah sebelumnya dan lakukan pencocokan.
Contoh : saat menggunakan perangkat lunak input data, dicocokan data yang akan diinput dengan data yang diinputkan

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar