Selasa, 21 November 2017

Tugas6 (Ilmu Sosial Dasar)



Tugas ke-6
Muhammad Aditya Putra
1B117042
1KA20

1.      Apa yang anda ketahui tentang potensi – potensi pemuda berikut ini :
a.      Idealisme dan daya kritis
Idealime dan daya kritis bagi pemuda sangat perlu untuk menanamkan sikap peduli dan kritis dengan keadaan lingkungan sekitar, seperti saat terjadi korupsi, pemuda harus bisa berfikir idealis dan kritis untuk hal tersebut. Tapi Idealisme dan kritis perlu dilengkapi landasan rasa tanggung jawab yang seimbang.

b.      Dinamika dan kreatifitas
kedinamisan dan kreativitas pemuda yakni kemampaun dan kesediaan untuk mengadakan perubahan, pembaharuan, dan penyempurnaan kekurangan yang ada ataupun mengemukakan gagasan yang baru.

c.       Keberanian mengambil resiko
Setiap tindakan mempunya resiko tersendiri, perubahan dan pembaharuan termasuk pembangunan, mengandung resiko dapat meleset, terhambat atau gagal. Namun, mengambil resiko itu diperlukan jika ingin memperoleh kemajuan. Generasi muda dapat dilibatkan pada usaha-usaha yang mengandung resiko. Untuk itu diperlukan kesiapan pengetahuan, perhitungan, dan keterampilan dari generasi muda sehingga mampu memberi kualitas yang baik untuk berani mengambil resiko.

d.      Optimisme dan penuh semangat
Optimisme atau percaya diri dan kegairahan semangat yang dimiliki generasi muda merupakan daya pendorong untuk mencoba lebih maju lagi. Masa muda harusnya masa yang penuh dengan optimisme dan semangat yang tinggi

e.       Sikap mandiri dan disiplin
Sebagai pemuda generasi bangsa memiliki keinginan untuk selalu mandiri dalam sikap dan tindakannya. Sikap kemandirian itu perlu dilengkapi dengan kesadaran disiplin murni pada dirinya agar mereka dapat menyadari batas-batas yang wajar dan memiliki tenggang rasa.

f.        Terdidik
Pendidikan itu penting, dan generasi muda Indonesia harus mempunyai dan dibekali dengan pendidikan. Agar generasi muda Indonesia mempunyai pengetahuan yang luas dan berfikir terbuka untuk mengembangkan potensinya. hal yang perlu diperhatikan pendidikan bukan hanya didapat disekolah.

g.      Keaneka ragaman dan kesatuan
Negara kita mempunyai keaneka ragaman budaya, agama, ras, dan Bahasa. Pemuda Indonesia harus bersatu dalam keaneka ragaman itu. Ingat “Bhineka Tunggal Ika” harus diterapkan dalam kehidupan generasi muda Indonesia

h.      Patriotisme dan nasionalisme
Pemupukan rasa kebanggaan, kecintaan, dan turut serta memiliki bangsa dan negara dikalangan generasi muda perlu digalakkan karena pada gilirannya akan mempertebal semangat pengabdian dan kesiapan mereka untuk membela dan mempertahankan NKRI dari segala bentuk ancaman. Dengan tekad dan semangat ini, generasi muda perlu dilibatkan dalam setiap usaha dan pemantapan ketahanan dan pertahanan nasional.

i.        Sikap ksatria
Kemurnian idealisme, keberanian, semangat pengabdian dan pengorbanan serta rasa tanggung jawab sosial yang tinngi adalah unsur-unsur yang perlu dipupuk dan dikembangkan dikalangan generasi muda Indonesia sebagai pembela dan penegak kebenaran dan keadilan bagi masyarakat dan bangsa.

j.        Kemampuan penguasaan ilmu dan Teknologi
Perkembangan jaman semakin pesat, teknologi dan ilmu pengetahuan sudah maju dengan cepat. Pemuda Indonesia harus dibekali dengan ilmu dan Teknologi agar mampu memajukan negeri ini.


2.      Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya “Mencerdaskan Kehidupan bangsa” ?
Bangsa yang maju adalah Bangsa yang mampu melahirkan benih-benih generasi muda yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Upaya untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa menurut saya tidak cukup dengan program pemerintah saja, tetapi warganya harus bekerja sama dengan pemerintah untuk terwujudnya bangsa yang cerdas. pemerintah telah melakukan upaya di bidang pendidikan seperti sekolah gratis 9 tahun, dana kartu pendidikan dan lain sebagainya. tetapi itu saja tidak cukup. perlu pendidikan yang bisa membangun karakter dan mengembangkan kreatifitas dan kemampuan anak untuk berfikir kritis sehingga apa yang dipelajari dapat tertanam dalam diri warga tersebut.  selain itu kesadaran dari warganya akan pentingnya pendidikan dan ahlak yang baik perlu dibangun juga. Pintar saja tidak cukup, tetapi harus dibarengi dengan ahlak yang baik dan jujur. ingat orang – orang yang korupsi adalah orang – orang yang pintar, tetapi tidak berahlak baik dan jujur.


Referensi :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar